PEST CONTROL

PEST CONTROL

Pengelolaan bangunan gedung tidak hanya menghadapi kompleksitas masalah pengelolaan energi, kebakaran, petir, dan kebersihan  tetapi juga  masalah-masalah  yang timbul akibat interaksi antara bangunan gedung dengan makhluk hidup lain tertentu yang secara tidak langsung  terekayasa oleh aktivitas manusia menjadi faktor pengganggu dan vektor penyakit yang mengerikan. Oleh karena itu pendekatan yang holistik dalam memahami keberadaan bangunan gedung adalah bahwa bangunan gedung merupakan wujud fisik yang  keberadaannya tidak terisolasi dari berbagai faktor  lingkungan yang berada di dalam bangunan gedung maupun di luar bangunan gedung.

 Kehadiran berbagai jenis binatang seperti nyamuk, tikus, dan rayap atau serangga lain yang merusak arsip ( Booklice, Colembolla atau Thysanura ), Carpet bettle, dan lain-lain  pada bangunan gedung sering kali menimbulkan masalah yang tak henti-hentinya dihadapi para pengelola dan penggunanya. Organisme tersebut menimbulkan berbagai gangguan yang langsung maupun tidak langsung dapat menurunkan kenyamanan dan keamanan penggunaan bangunan gedung. Tikus selain sebagai hewan pengerat yang mampu merusak berbagai property dalam bangunan gedung seperti kerusakan komponen non struktural, instalasi listrik,  kabel data, dan alat-alat elektronik, juga dapat mengkontaminasi makanan  dan berperan sebagai vektor penyakit.

Sementara itu, binatang pengganggu lain seperti rayap mengancam bangunan gedung dalam bentuk yang lain.  Rayap menimbulkan kerusakan bangunan gedung sebagai habitat manusia dengan tingkat kerusakan yang terus cenderung meningkat.  Beberapa struktur atap bangunan dilaporkan rubuh akibat serangan rayap, tidak hanya menimpa bangunan dengan fungsi hunian ( rumah tinggal ), tetapi juga bangunan dengan peruntukan lainnya

seperti gedung perkantoran, mall, hotel, dan lain-lain.  Demikian pula dengan hama-hama arsip seringkali mengakibatkan kerusakan arsip yang bernilai tinggi.

Kehadiran organisme perusak tersebut perlu ditanggulangi sehingga kerusakan yang lebih lanjut yang mengancam keandalan bangunan gedung dapat dihindari. Keandalan dan kesehatan lingkungan bangunan gedung merupakan tuntutan dan prasyarat bagi terciptanya produktivitas kerja yang lebih baik dan terlindunginya aset pemerintah baik aset berupa bangunan gedung, property maupun arsip daerah. Oleh karena itu, lingkungan bangunan gedung yang terbebas dari berbagai hama bangunan akan berimplikasi pada keuntungan secara ekonomis.

Tinggalkan Balasan